APA ITU CUSTOMER JOURNEY MAP??

 

Customer journey map

Hallo sahabat entrepreneur, disini admin ingin menjelaskan materi customer journey map. Yang sebelumnya kalian sudah membaca apa yang sudah saya upload minggu lalu tentang Bussinies model canvas.

Sebelum kita masuk ke pembahasan, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu apa itu Customer Journey Map (CJM). Jadi customer journey map adalah Sebuah diagram yang menggambarkan berbagai langkah yang ditempuh konsumen anda untuk bisa membeli produk anda. Mulai dari pertama mereka mengenal produk anda hingga pengalaman mereka setelah membeli produk anda.




Pada gambar di atas saya akan menjelaskan tentang strategi marketing sales dalam menggerakan atau mengelola usaha tokoh sembako  yang saya jalani.

1.       Awareness (Kesadaran)

Awareness adalah tahapan dimana calon konsumen telah menyadari apa masalah yang harus mereka (konsumen) selesaikan. Dalam tahap ini saya menggunakan strategi content marketing. contohnya sebagai berikut :

Produk yang saya jual adalah Sembako & alat rumah. Target saya adalah membuat toko tersebut menjadi Face Spray yang selalu dicari dan dibutuhkan oleh banyak kalangan. Maka dari itu saya menggunakan media poster sebagai media penjualan.

 

2.       Interest (Ketertarikan)

Dalam tahap ini, setelah customer melihat iklan yang saya berikan dalam media sosial, customer akan mencari tahu lebih lanju tentang produk tersebut. contohnya sebagai berikut :

Dengan adanya media poster/iklan sebagai wadah jual-beli yang sangat trend di era ini saya harus bisa mengambil hati para konsumen agar tertarik pada produk yang saya iklankan. Contohnya seperti membuat design gambar agar konsumen mendatangi took.

 

3.        Consideration (Mempertimbangkan)

Pada tahap ini, calon konsumen akan mencari info lebih banyak tentang produk yang diinginkan dan mereka akan membandingkan produk satu dengan produk lainnya.Contohnya sebagai berikut :

Dengan adanya media poster/periklanan saya harus memberikan pelayanan yang terbaik agar toko saya dapat menjadi pertimbangan bagi para konsumen untuk memperoleh keroyalan mereka pada toko saya.

 

4.       Purchase (Pembelian)

Nah, pada tahapan ke-empat ini konsumen akan memutuskan dan melakukan proses pembelian. Contohnya sebagai berikut:

Ketika konsumen melakukan pembelian serta proses pembayaran. Hal yang harus saya lakukan adalah memberikan kantong pada produk yang dibeli yang telah saya siapkan.

 

5.       Loyalty (Pelanggan Tetap)

Pada tahapan terakhir ini adalah pelanggan yang loyal atau biasa disebut pelanggan yang tetap. Contohnya sebagai beriku :Nah ini adalah akhir dari proses pembelian seorang konsumen untuk memilih produk yang jual belikan.

Strategi saya untuk mendapatkan pelanggan tetap adalah berikan pelayanan terbaik anda terhadap calon konsumen

Nah, diatas adalah isi tentang penjelasan CDJ  dan contoh penerapannya. Semoga artikel yang saya buat dapat membuat kalian paham dan bisa menerapkan pada usaha yang sedang kalian jalani. Jangan bosan-bosan untuk membaca artikel yang telah saya sediakan pada blog ini, ya.. guna mensharing ilmu yang telah saya terapkan pada bisnis saya tersebut. Semoga dapat bermanfaat bagi sahabat entrepreneur.

Komentar

Postingan Populer