APA ITU CUSTOMER JOURNEY MAP??
Customer
journey map
Hallo sahabat
entrepreneur, disini admin ingin menjelaskan materi customer journey map. Yang sebelumnya
kalian sudah membaca apa yang sudah saya upload minggu lalu tentang Bussinies
model canvas.
Sebelum kita masuk ke
pembahasan, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu apa itu Customer Journey Map
(CJM). Jadi customer journey map adalah Sebuah diagram yang menggambarkan
berbagai langkah yang ditempuh konsumen anda untuk bisa membeli produk anda.
Mulai dari pertama mereka mengenal produk anda hingga pengalaman mereka setelah
membeli produk anda.
Pada gambar di atas
saya akan menjelaskan tentang strategi marketing sales dalam menggerakan atau
mengelola usaha tokoh sembako yang saya
jalani.
1.
Awareness (Kesadaran)
Awareness adalah tahapan dimana calon
konsumen telah menyadari apa masalah yang harus mereka (konsumen) selesaikan.
Dalam tahap ini saya menggunakan strategi content marketing. contohnya sebagai
berikut :
Produk yang saya jual adalah Sembako
& alat rumah. Target saya adalah membuat toko tersebut menjadi Face Spray
yang selalu dicari dan dibutuhkan oleh banyak kalangan. Maka dari itu saya
menggunakan media poster sebagai media penjualan.
2.
Interest (Ketertarikan)
Dalam tahap ini, setelah customer
melihat iklan yang saya berikan dalam media sosial, customer akan mencari tahu
lebih lanju tentang produk tersebut. contohnya sebagai berikut :
Dengan adanya media poster/iklan sebagai
wadah jual-beli yang sangat trend di era ini saya harus bisa mengambil hati
para konsumen agar tertarik pada produk yang saya iklankan. Contohnya seperti
membuat design gambar agar konsumen mendatangi took.
3.
Consideration (Mempertimbangkan)
Pada tahap ini, calon konsumen akan mencari info lebih banyak tentang produk yang diinginkan dan mereka akan membandingkan produk satu dengan produk lainnya.Contohnya sebagai berikut :
Dengan adanya media poster/periklanan saya harus memberikan pelayanan yang terbaik agar toko saya dapat menjadi pertimbangan bagi para konsumen untuk memperoleh keroyalan mereka pada toko saya.
4.
Purchase (Pembelian)
Nah, pada tahapan ke-empat ini konsumen
akan memutuskan dan melakukan proses pembelian. Contohnya sebagai berikut:
Ketika konsumen melakukan pembelian
serta proses pembayaran. Hal yang harus saya lakukan adalah memberikan kantong
pada produk yang dibeli yang telah saya siapkan.
5.
Loyalty (Pelanggan Tetap)
Pada tahapan terakhir ini adalah
pelanggan yang loyal atau biasa disebut pelanggan yang tetap. Contohnya sebagai
beriku :Nah ini adalah akhir dari proses pembelian seorang konsumen untuk
memilih produk yang jual belikan.
Strategi saya untuk mendapatkan
pelanggan tetap adalah berikan pelayanan terbaik anda terhadap calon konsumen
Nah, diatas adalah isi tentang penjelasan CDJ dan contoh penerapannya. Semoga artikel yang saya buat dapat membuat kalian paham dan bisa menerapkan pada usaha yang sedang kalian jalani. Jangan bosan-bosan untuk membaca artikel yang telah saya sediakan pada blog ini, ya.. guna mensharing ilmu yang telah saya terapkan pada bisnis saya tersebut. Semoga dapat bermanfaat bagi sahabat entrepreneur.
Komentar
Posting Komentar